Polling
Berita Polling Berhadiah 3 Juta
Sabtu, 22 November 2003 22:32 WIB
JABOTABEK

Sasana Baharuddin Lopa Kejaksaan Agung Terbakar

JAKARTA--MIOL: Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) yang terletak di Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu terbakar.

Kebakaran diduga karena arus pendek listrik yang terjadi pada sebuah panel listrik di dekat ruang pertemuan Sasana Baharuddin Lopa. Akibatnya, beberapa bagian di lantai dua dan lantai tiga gedung tersebut hangus terbakar. Sasana Baharuddin Lopa biasa digunakan untuk pelantikan pejabat di lingkungan Kejagung.

Sebanyak 27 mobil pemadam kebakaran dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan sempat dikerahkan untuk memadamkan api. Api dalam waktu relatif singkat dapat dipadamkan. Sekitar pukul 08.00 tidak ada lagi api di gedung yang banyak menyimpan berkas perkara kasus-kasus korupsi tersebut.

Tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam peristiwa itu. Tentang jumlah kerugian akibat peristiwa tersebut, pihak Kejagung belum dapat memastikannya.

Menurut salah seorang saksi mata, yang juga petugas keamanan Kejagung, api berasal dari pusat listrik kontrol AC yang mengalami korsleting. Menurut dia, pada saat itu begitu terlihat ada percikan api, beberapa petugas berusaha memadamkan api dengan menggunakan peralatan yang tersedia. Namun, upaya itu tidak membuahkan hasil. Percikan itu malah semakin membesar dan memunculkan kobaran api.

Sejumlah petugas keamanan saat itu langsung mengamankan sejumlah barang berharga--juga surat-surat penting--yang ada dalam ruangan tersebut. Kapolres Jakarta Selatan Komisaris Besar Ghufron mengatakan petugas forensik masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut. "Saat ini dugaan kuat adalah karena korsleting dari salah satu panel listrik," ujarnya.

Sedangkan Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Kemas Yahya Rahman mengatakan tidak yakin kebakaran tersebut berasal dari instalasi listrik di ruangan tersebut. Menurut dia, usia panel listrik AC itu relatif masih baru, sekitar dua tahun. "Ruangan Sasana Baharuddin Lopa merupakan ruangan baru. Tapi, namanya musibah, kita tidak bisa hindari," ujar Kemas kepada wartawan. (O-1)

[Belum ada tanggapan untuk berita ini]
KOMENTAR/TANGGAPAN ATURAN KOMENTAR

Copyright 2003 Media Indonesia. All rights reserved.
Partnered with Indonesia Interactive
Comments and suggestions please email webmaster@mediaindonesia.co.id
Berita Lainnya
Seorang Perwira TNI Tewas Ditusuk
Ribuan Warga Bekasi Resah Akibat Isu 'Kolor Hijau'
Kebakaran di Hero Menteng Akibat Arus Pedek Blower AC
Sutiyoso Resmikan Patung Arjuna Wijaya Senilai Rp4 Miliar
Selamat dari Kobaran, Tabitha Kehilangan Omanya