DOMPET KEMANUSIAAN INDONESIA MENANGIS
Selasa, 28 Desember 2004 22:08 WIB
NUSANTARA

Komunikasi dengan Banda Aceh Hanya Bisa via Ponsel

PALEMBANG—MIOL: Sarana komunikasi di Banda Aceh yang terputus sejak Ahad (26/12) karena tsunami, pada Selasa sekitar pukul 11:00 WIB khusus untuk ponsel bisa dihubungi, tetapi lawan bicara belum bisa menghubungi untuk ke luar Banda Aceh.

Wartawan Antara Saidul Karnaen Ishak yang dihubungi dari Palembang, Selasa, mengakui ia baru bisa menerima telpon dari luar.

Ia yang kehilangan putra dan putri masing-masing Ida (14) dan Tri (10) melaporkan keadaan Banda Aceh, khususnya Lampaseh dan Lamtemen rata dengan tanah.

Ribuan rumah porak-poranda, sementara ratusan mayat di Jl. Teuku Umar, Jalan perdangan, lambaro kape hingga Selasa sore masih bergelimpangan.

"Khusus mayat di jalan perdanganan belum diambil, mungkin disamping keterabatasan personil PMI juga karena jalan tertutup oleh bangunan, pohon dan lumpur,"katanya.

Untuk menggambarkan bangunan yang rusak, ia mengatakan jika berdiri di Lampaseh Kota sejauh empat kilometer dari pantai Ulee Lhe yang tadinya terhalang oleh bangunan, kini bisa memandang lepas.

Ketika disinggung tentang anaknya yang hilang, ia mengakui untuk saat ini tidak mungkin mencarinya karena ribuan mayat masih bergelimpangan.

Mengenai keluarga ANTARA, ia baru bisa kontak dengan Azhari (wartawan) dan Syahruddin (wartawan), tetapi dengan Nirwana (karyawan Antara) yang rumahnya hanya ratusan meter dari pantai belum diketahui nasibnya.

Bagi kelurga yang selamat rata-rata mengungsi di beberapa titik diantaranya di Komplek BPD dan TVRI.

"Ribuan pengungsi sangat membutuhkan kebutuhan pokok dan BBM. Kendaraan banyak yang tidak jalan karena kehabisan BBM,"katanya.

Sementara ribuan kendaraan masih terperosok dan terjepit oleh bangunan, pohon dan lumpur termasuk mobil Antara yang hingga kini belum bisa ditarik. (Ant/O-2)

KOMENTAR/TANGGAPAN ATURAN KOMENTAR
JUDUL TANGGAPAN
Sarana Komunikasi paling urgent...........................................................
KOMENTAR/TANGGAPAN

Copyright © 2003 Media Indonesia. All rights reserved.
Partnered with Indonesia Interactive
Comments and suggestions please email miol@mediaindonesia.co.id
Berita Lainnya
Aceh Singkil, Aceh Selatan Bebas Korban Jiwa
Korban Tsunami Aceh yang Selamat Dievakuasi ke Medan
Mahasiswa Undip Turun ke Jalan, Galang Dana untuk Aceh
Tanah Longsor Di Magelang Timbun Delapan Rumah
Pesisir Barat Aceh Masih Terendam Air Dan Lumpur