NUSANTARA Rabu, 29 Desember 2004 03:17 WIB
70 Polisi Bali Belum Diketahui Nasibnya di Aceh

DENPASAR—MIOL: Sebanyak 70 dari 205 anggota Polda Bali yang ditugaskan di Nangroe Aceh Darussalam (NAD), hingga kini belum diketahui nasibnya pascagempa bumi dan tsunami yang muncul di daerah tersebut hari Minggu (26/12)`.

"Hingga kini kita belum bisa melakukan kontak dengan Satuan Sabhara beranggotakan 70 orang, yang belakangan ini ditempatkan di daerah Pidi," kata Kapolda Bali Irjen Pol Made Mangku Pastika, di Denpasar, Selasa.

Usai menghadiri acara kenal-pamit pejabat Kabid Humas Polda Bali, Kapolda mengungkapkan, anggota di jajarannya yang sejak beberapa bulan lalu di-BKO-kan (di bawah kendali operasikan) di daerah Aceh, tercatat sebanyak 205 orang.

Anggota sejumlah itu terdiri atas 100 anggota Brimob yang ditempatkan di Aceh Utara, dan 105 anggota Sabhara yang disebar di dua tempat di Pidi.

"Anggota yang disebar di Pidi itulah, 70 di antaranya hingga kini belum berhasil dihubungi, sedang 35 Sabhara yang lain telah diketahui selamat," kata Irjen Pastika.

Ditanya apakah yang 70 itu termasuk ke dalam 300 polisi yang dinyatakan hilang pascabencana alam oleh Kapolda Aceh, Pastika menyebutkan belum dapat memastikannya.

"Kita belum dapat memastikan karena segalanya belum jelas," ujarnya dengan menambahkan, "Bisa saja anggota sebanyak itu hanya mengalami putus hubungan komunikasi dengan markas induknya di Aceh, termasuk dengan markas Polda Bali," ucap Kapolda.

Sehubungan dengan itu, lanjut dia, pihaknya akan terus berupaya mencari tahu tentang keberadaan anggota Sabhara yang hingga kini belum bisa dihubungi tersebut.

"Mudah-mudahan mereka masih dalam keadaan selamat, dan kini tengah berada di suatu tempat yang tidak terjangkau oleh fasilitas komunikasi yang ada," ucapnya.

Para anggota Polda Bali yang di-BKO-kan ke Aceh tersebut, selama ini telah banyak melakukan tugas-tugas pengamanan di daerah yang sedang bergolak terkait adanya aksi gerakan separatis bersenjata.

Acara kenal-pamit yang juga dihadiri sejumlah pejabat teras lain di jajaran Polda Bali siang itu, dilakukan menyusul telah dilakukannya serah terima jabatan Kabid Humas Polda Bali dari Kombes Pol Pengasian Gaut, kepada Kombes Pol AS Reniban.

Kombes Gaut selanjutnya memasuki masa pensiun, sedang Kombes Reniban sebelumnya staf khusus Kapolda Bali. (Ant/O-2)



[Belum ada tanggapan untuk berita ini]
KOMENTAR/TANGGAPAN ATURAN KOMENTAR
 Berita Lainnya

  SERVICES :     GPRS/Mobile   |   RSS Feed   |   SMS Subscriber

Copyright © 2003 Media Indonesia. All rights reserved.
Partnered with Indonesia Interactive
Comments and suggestions please email miol@mediaindonesia.co.id